Kamis, 17 September 2015

Gimana sih FK UMM itu?

Assalamualaikum teman! Jumpa lagi di blogku! Di post sebelumnya,aku sudah menggambarkan kampusku, yaitu Universitas Muhammadiyah Malang. Di post kali ini, aku akan sedikit cerita tentang jurusanku, yaitu Pendidikan Dokter.

Fakultas Kedokteran (FK) UMM merupakan
FK swasta pertama di kota Malang. Visi FK UMM adalah menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi berbasis pada bidang kedokteran umum, keluarga, industri dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa. Pendidikan di FK UMM dirancang secara profesional selama sebelas semester (lima setengah tahun) yang terbagi dalam dua proses pendidikan, yaitu; Pendidikan Sarjana Kedokteran selama tujuh semester; dan  Pendidikan Profesi selama empat semester.Pelaksanaan pembelajaran di FK UMM menerapkan paradigma baru pembelajaran Pendidikan Dokter dengan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Research Based Learning (RBL). Sedangkan pendidikan profesi berlangsung dengan sistem kepaniteraan klinik di Rumah Sakit,
Puskesmas, Klinik Dokter Keluarga dan Industri. Untuk menambah kapasitas kualitasnya, mahasiswa FK diwajibkan mengikuti program English for Specific Purpose (ESP), pelatihan Emergency Trauma Life Support (ETLS) dan Clinical Skills Refreshment (CSR) sebelum memasuki program profesi.
Selain itu, FK UMM juga mempunyai banyak keunggulan loh guys. Diantaranya, adalah pengembangan fakultas ini telah didukung denganhadirnya Rumah Sakit UMM yang sudah dilengkapi berbagai peralatan modern dan canggih. Contohnya seperti pelayanan operasi singkat untuk ambeien, CT Scan dengan 64-slice, USG 4 dimensi, serta berbagai pelayanan laboratorium.
Fakultas ini juga dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana yang nggak kalah lengkap guys! Diantaranya ada ruang kelas berbasis multimedia, internet hotspot area, perpustakaan, UMM-Net, UMM Medical Center, serta laboratorium pendidikan. Untuk meningkatkan kualitas, mahasiswa FK UMM juga diwajibkan mengikuti program English for Specific Purpose (ESP), pelatihan Emergency Trauma Life Support (ELTS), dan Clinical Skills Refreshment (CSR) sebelum memasuki program profesi.
FYI, lulusan dokter FK UMM telah mengikuti UKDI sejak tahun 2007 sampai sekarang dengan hasil 90% lulus kompetensi dan telah bekerja sebagai pegawai negeri atau swasta di rumah sakit, maupun klinik mandiri loh. Selain itu, lulusan FK UMM juga dapat melanjutkan studi Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS). Keren banget kan!
Naah itu tadi sekedar informasi seputar fakultasku, Fakultas Kedokteran. Semoga Fakuktas Kedokteran UMM bisa terus maju ya guys, dan mampu menghasilkan dokter-dokter yang berprestasi dan amanah.


Sumber :

http://www.umm.ac.id/id/page/010301/kedokteran.html
http://kedokteran.umm.ac.id/home.php?c=02020101


Tidak ada komentar:

Posting Komentar